Jumat, 19 Agustus 2011

Nilai part 1: Percayakan pada diri kita bahwa kita bisa


Nilai part 1: Percayakan pada diri kita bahwa kita bisa


Hari penuh debaran kali ini masih sama yang aku rasakan kurang lebih saat semester yang lalu. Semester satu. Saat-saat menanti nilai semesteran keluar. Pada saat itu tidak ada harapan dan doa yang lain kecuali mendapat nilai baik dan berhasil mendapat 24 SKS. Mau berapa pun nilai tak jadi soal. Akankah dapat nilai A, B, C, asal jangan saja nilai D.

Tapi saya mengingat-ingat selama proses perkuliahan untuk keaktifan, diskusi, tugas, quis, mid, semesteran memang saya jalani sebaik mungkin. Karna itu kewajiban. untuk hasilnya pasrah..

Apa lagi jika di ingat saya sempat melayangkan "protes damai" ke dosen saya tentang apa tanggapan dari hasil nilai mid saya yang sempat dengan nilai imut bulan anjlok lho…(untuk mata kuliah satu ini) tapi murni di bandingkan nilai bagus tapi curang. Saya hanya ingin tahu pandangan dosen saya. Karena ini menyangkut masa depan generasi bangsa. (Cie.. Hehe..hm.) Dan saya mendapat tanggapan. "kamu hanya kurang beruntung saja, tapi masih ada kesempatan yang lain". Gubrakk .. OK. Sistem belajar selama ini harus di perketan dan diperjuangkan lebih keras lagi.

Dan sempat agak ciut saat melihat ada beberapa teman saya yang punya keterampilan yang sangat baik di bidang copy paste jawaban dari buku catatan ke lembar jawaban dengan waktu yang relatif seingkat-singkatnya.

Saya meyakinkan diri bahwa saya mampu tanpa keterampikan tersebut. Saya harus berpikir BISA. (Harus berpikir BISA, coba renungkan teori ini: gimana mau bisa, jika berpikir untuk bisa saja tidak bisa, hayo???) Lagi pula malu sama umur dan kerudung. Pikiran pesimis sempat mampir untuk nilai dari mata kuliah yang pernah saya melakukan aksi “Protes damai” Aduh.. gimana kalau dosen itu marah? Sensitive? Nilai saya D? oh, tidak… janagn D males mau ikut SP apalagi ngulang semester depan dengan adik tingkat pula. Duh…

Dan... Akhirnya nilai keluar satu persatu. Alhamdulillah IP-ku dapat 3,81. Saya berhasil mengantongi 6 nilai A dan 2 nilai B untuk 8 mata kuliah. Subhanallah.. Padahal awalnya saya tidak begitu bermimpi walau di awal perkuliahan di azzamkan semoga saja di waktu wisuda mendapatkan nilai cum laude.

Dan nilai dengan dosen yang mata kuliah bermasalah itu dapat A. Beberapa teman sempat memberikan ucapan selamat sambil berkomentar "Wajar sih, orang ayuk tuh pinter". Hah.. Tidakkah kalian tahu semua itu adalah perjuangan. Dan satu kata kunci.. Tidak dengan NGEPEK !. Dan bagaimana dengan nilai semester dua kali ini?. Bersambung... ;-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar